Membangun Teori Learning Trajectory
Nama : Margareta Widiyasanti
NIM : 147122590125
Kelas : P2TK
Prodi : Pendidikan Dasar
TUGAS
PENGEMBANGAN LEARNING TRAJECTORY DI SEKOLAH DASAR
“Diriku yang akan dan sedang
Membangun Teori Learning Trajectory”
Hermenitika
learning trajectory merupakan apa yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini,
khususnya dengan struktur dalam pembelajaran learning trajectory.
Guru
sebagai manusia yang dituntut mempunyai berbagai macam kompetensi dapat
menerapkan struktur yang disebut Formal, Normatif, Spiritual, dan Material
dalam hidupnya. Formal berhubungan dengan standar kompetensi, Tujuan, UUD 1945,
Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Kurikulum, silabus, RPP, Asessmen. Formal merupakan bagaimana
langkah-langkah kita sebagai guru berpedoman pada dokumen resmi. Normatif merupakan bagaimana kita mengembangkan
pemikiran dan kemampuan kita melalui
kuliah, membaca dan mengomentari blog, membuat buku, jurnal, makalah dsb. Spiritual berhubungan dengan bagaimana
cara pandang filsafat dalam menterjemahkan hakikat, makna, metode, etik dan
estetikanya. Hakikat dalam hal ini kira dapat menghubungkan antara wadah dan
isi dimana dalam memperkaya isi kita harus selalu menekankan semboyan ing
ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa dan tut wuri handayani. Wadah merupakan
gambaran seorang guru yang harus
mempunyai paradigma baru dengan membaca banyak referensi, dan memahami
berbagai macam teori belajar mengajar sehingga dapat mempraktekkan secara
langsung (team teaching/pembelajaran di kelas) ataupun tidak langsung(video
pembelajaran. Dengan membaca berbagai macam referensi, mulai dari membaca buku,
blog, dll diharapkan guru dapat menghubungkan dengan hermenitika learning
trajectory. Material berupa konteks
dan konten(nilai atau isi). Secara material isi atau konten berhubungan dengan
benda-benda konkrit, lingkungan, budaya. Konteks merupakan bagaimana cara guru
membuat perangkat pembelajaran dengan menggunakan fenomena, data dan
pengalamannya melalui berbagai macam penelitian.
Komentar
Posting Komentar